Dalam dunia usaha sering kita mendengar istilah CSR (Corporate Social Responsibility) yang merupakan tanggung jawab sosial perusahaan atau dunia usaha yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sosial yang ada di sekitar perusahaan. Tanggung jawab perusahaan tersebut dapat berbentuk pembinaan maupun pengembangan dalam berbagai bidang.

Seiring dengan pesatnya perkembangan sektor dunia usaha sebagai akibat liberalisasi ekonomi, berbagai kalangan swasta, organisasi masyarakat, dan dunia pendidikan berupaya merumuskan dan mempromosikan tanggung jawab sosial sektor usaha dalam hubungannya dengan masyarakat dan lingkungan.

Namun saat ini – saat perubahan sedang melanda dunia – kalangan usaha juga tengah dihimpit oleh berbagai tekanan, mulai dari kepentingan untuk meningkatkan daya saing, tuntutan untuk menerapkan corporate governance, hingga masalah kepentingan stakeholder yang makin meningkat. Oleh karena itu, dunia usaha perlu mencari pola-pola kemitraan (partnership) dengan seluruh stakeholder agar dapat berperan dalam pembangunan, sekaligus meningkatkan kinerjanya agar tetap dapat bertahan dan bahkan berkembang menjadi perusa haan yang mampu bersaing.

Terdapat banyak perusahaan besar maupun kecil yang tidak mau menjalankan program-program CSR karena melihat hal tersebut hanya sebagai pengeluaran biaya (cost center). CSR memang tidak memberikan hasil secara keuangan dalam jangka pendek. Namun

CSR akan memberikan hasil baik langsung maupun tidak langsung pada keuangan perusahaan di masa mendatang. Dengan demikian apabila perusahaan melakukan program-program CSR diharapkan keberlanjutan perusahaan akan terjamin dengan baik. Oleh karena itu, program-program CSR lebih tepat apabila digolongkan sebagai investasi dan harus menjadi strategi bisnis dari suatu perusahaan.

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini sudah banyak perusahaan di Indonesia, terutama perusahaan besar yang telah melakukan berbagai bentuk kegiatan CSR ini. Misalnya pemberian beasiswa dalam bidang pendidikan, dana bagi perusahaan kecil, operasi kesehatan masyarakat, dan lain-lain. Hal ini tentunya dilakukan dengan beberapa pertimbangan dan tentunya juga perusahan tersebut yakin dan tau sukses atau tidaknya mereka tergantung dari konsumen yang tentunya berasal dari masyarakat dan lingkungan sekitar tempat usaha mereka.